Pecah Ban Sampai Rem Blong
Jalan-jalan atau road trip untuk mengisi libur panjang, enggak seru kalau enggak belanja atau memborong oleh-oleh. Tak hanya koper, bagasi mobil pun bisa-bisa luber kelebihan muatan. Kalau sudah begitu, jangan memaksa menjejalkan semua ke dalam kendaraan. Kurangi atau kirim dengan jasa pengiriman barang.
Overload merupakan potensi bahaya sebelum perjalanan, isi mobil sesuai batas kemampuannya. Cara menghitungnya gampang kok, dari jumlah jok atau bangku penumpangnya.
Add caption |
Kendaraan penumpang dirancang untuk mengangkut sesuai jumlah tempat duduknya. Berat orang Indonesia rata-rata sekitar 70 kg. Kalikan jumlah bangku, plus 100 kg untuk kapasitas bagasi.
Gejala Body Roll - Saat kendaraan kelebihan berat muatan, yang dipertaruhkan bukan hanya kenyamanan. Karena berat, konsumsi BBM makin tinggi, begitu pula ancaman pada keselamatan. Apalagi kalau pembagian beban tak merata.
Kendaraan akan mengalami gejala roll yang berlebihan. Potensi mengalami selip, bahkan terguling, jadi lebih besar. Saat pengereman cenderung tidak seimbang, narik ke satu sisi sehingga lebih sulit untuk dikendalikan.
Hal yang kurang lebih sama akan dialami pada kendaraan yang menggunakan tambahan roof rack. Centre of gravity atau titik keseimbangan kendaraan berubah menjadi lebih tinggi. Gerakan roll akan lebih terasa saat menikung atau terkena hembusan angin dari arah samping.
Lebih berbahaya lagi, kaki-kaki kendaraan dipaksa untuk bekerja keras. Kemampuan rem berkurang, dipaksa bekerja lebih keras untuk menahan berat yang lebih besar. Bila beban kendaraan terlalu berat di belakang, maka akan mengubah momentum kendaraan saat terjadi akselerasi maupun deselerasi. Risikonya, jarak pengereman kendaraan jadi lebih jauh.
Kalau pengereman dilakukan dalam waktu lama, bisa jadi remnya blong. Rem terus bergesekan dan makin panas. Pada suatu titik rem jadi blong. Karena itu sering terjadi kecelakan rem blong karena kelebihan beban, yang biasanya terjadi pada kendaraan angkutan seperti truck maupun bus.
Ciri-ciri Kendaraan Overload
- Bila dilihat dari luar, kendaraan terlihat lebih pendek dari biasanya.
- Ban terkesan lebih gendut, dinding ban tertekan beban total kendaraan.
- Kendaraan akan terlihat terangkat bagian depannya apabila beban lebih banyak tertumpu dibagian belakang kendaraan.
- Mengingat jarak antara ban dan over fender menjadi terlalu dekat, maka risiko ban bergesekan dengan fender sangat mungkin terjadi.
- Saat kendaraan mengalami bounce (gerakan mengayun naik turun) akan terasa lebih liar. Bahkan kadang timbul bunyi benturan dikarenakan sokbreker dalam kondisi tertekan.
0 komentar:
Posting Komentar